3 Teori di Balik Ledakan Samsung Note 7

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari Samsung apa persisnya yang membuat Note 7 rentan meledak. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini masih melakukan investigasi menyeluruh untuk mencari penyebabnya.
Namun beberapa teori sudah berseliweran mengenai akar masalah Note 7. Berikut di antaranya seperti disarikan detikINET dari Fast Company.

1. Kesalahan Desain Baterai
Beberapa teori mengemuka tentang mengapa baterai Note 7 yang diproduksi Samsung SDI dan ATL rentan overheat lalu meledak. Salah satunya menyatakan bahwa kesalahan sebenarnya terletak dari desain baterai, bukan pada saat proses manufaktur.

Desain yang kurang sempurna mungkin diselesaikan terlebih dahulu oleh engineer Samsung, kemudian baru diserahkan ke Samsung SDI dan ATL untuk diproduksi. Jadi sejak awal, mungkin sudah ada masalah dalam desain dari Samsung itu.

2. Desain Bodi Note 7
Regulator di Korea Selatan menyimpulkan bahwa plat positif dan negatif di dalam baterai Note 7 terlalu berdekatan satu sama lain di bagian ponsel yang melengkung. Ketika dua komponen itu bersentuhan,maka reaksi kimia yang sangat cepat dan sangat kacau bisa terjadi, dan dapat berujung ledakan.

Maka muncul dugaan lain bahwa desain Note 7 secara keseluruhan berdampak pada keamanan baterai. Plat yang terlalu berdekatan itu barangkali karena Note 7 dipaksa terlalu tipis dan membawa lebih banyak komponen. Misalnya, ada komponen baru berupa pemindai iris di Note 7.

3. Fast Charging
Teknologi fast charging di Note 7 bisa mengisi ulang sampai 50% hanya dalam setengah jam. Meski teknologi semacam ini sudah umum, bisa saja ada masalah di Note 7 dalam penerapan fitur tersebut sehingga baterai overheat dan rentan meledak.

CEO Panasonic, Kazuhiro Tsuga mengakui baterai lithium rentan terbakar ketika kepadatannya ditingkatkan dan fast charging diterapkan. "Ada trade off antara risiko dan keuntungannya. Kami menempatkan prioritas utama di keamanan. Dengan teknologi saat ini, sangat sulit membuatnya zero incident," terang Kazuhiro.
Sekali lagi, semua teori yang disebutkan di atas hanyalah dugaan. Kita masih harus menunggu investigasi Samsung selesai dan apa kesimpulan mereka tentang akar permasalahan yang membuat Note 7 sampai harus dihentikan produksinya secara permanen.

0 Response to "3 Teori di Balik Ledakan Samsung Note 7"

Posting Komentar