Apakah Desain Simetris Penyebab Galaxy Note 7 Meledak?

Analisis penyebab meledaknya unit pengganti Galaxy Note 7 datang silih berganti. Analisis terbaru menyebutkan bahwa desain yang simetris bisa jadi adalah penyebab baterai Galaxy Note 7 mudah meledak.

Sebagaimana dilaporkan Phone Arena, Rabu (12/10/2016), Samsung memberikan material campuran aluminium untuk frame dan samping Note 7 yang membuatnya 1,3 lebih kuat dan 1,2 tahan goresan dibanding metal Galaxy S7. Untuk tetap lebar bagi pengguna Note, Samsung juga menggunakan proses 3D thermoforming, sehingga ujung miliknya lebih curam daripada handset sebelumnya.

Tidak berhenti di sana, Samsung juga membanggakan desain simetris karena bagian belakang perangkat juga melengkung seperti bagian depan. Lengkungan yang curam inilah yang disebut sebagai sumber masalah baterai Galaxy Note 7.

Lengkungan curam di bagian depan dan belakang menjadikan Note ini yang paling sempit dari Note yang pernah ada. Selama recall pertama, dokumen yang bocor dari lembaga perlindungan konsumen Korea yang menunjukkan bahwa kemasan baterai yang dibuat oleh Samsung SDI sendiri sedikit lebih besar untuk kompartemen dan piring isolasi yang memisahkan anoda dan katoda dalam yang terlalu dekat ke arah tepi, maka rentan terhadap tekanan, arus pendek baterai, dan menyebabkan pelarian termal.

Mereka juga menemukan masalah dengan kemasan dari sel baterai, seperti tape isolasi, yang dilakukan oleh sebuah perusahaan terpisah, serta lapisan elektroda negatif. Jika isu-isu ini diambil secara terpisah mungkin tidak membuat pembakaran spontan Note 7, namun secara agregat mereka menghadirkan  combo yang berbahaya, terutama jika ada tekanan yang diterapkan pada piring isolasi.

Dimana tekanan yang akan datang? Teori yang paling mudah adalah tekanan itu datang dari tepi curam Note 7. Piring tampaknya terletak menghadap tepi baterai. Ketika ponsel disegel tahan air yang ketat, piringan itu mungkin mengalami tekanan yang lebih tinggi dari perangkat normal. Ditambah dengan kesalahan produksi di baterai kemasan sendiri, ini bisa menjelaskan recall pertama.
Sementara itu, penarikan kedua masih sedikit misterius. Bocoran info menunjukkan alasannya diduga masih masalah baterai, tetapi paket pengganti dilaporkan diproduksi sepenuhnya oleh ATL maka mereka seharusnya tidak memiliki ukuran, piring isolasi, isolasi, atau masalah elektroda coating negatif.

Kendati demikian, tekanan melengkung Note 7 masih tetap di perangkat tentunya. Inilah yang kemudian membuat analisa menuju ke cacat desain Galaxy Note 7.

0 Response to "Apakah Desain Simetris Penyebab Galaxy Note 7 Meledak?"

Posting Komentar